https://www.seminarisdmhokeng.sch.id/beritahttps://www.seminarisdmhokeng.sch.id/berita Berita

Berita

Pelayanan Prima Seminari San Dominggo Hokeng


§                                                                              Hari/tanggal: Jumad, 12 Agustus 2022

             Kegiatan dimulai dengan doa dan animasi.

     §  Sambutan dari romo kepala sekolah (Rm. Alfons):

·         Ucapan syukur dan terima kasih kepada pak Kamil yang telah hadir di seminari untuk memberikan banyak inspirasi dan pembelajaran bagi para guru dan pegawai.

a)      Penjelasan Topik “Pelayanan Prima Seminari San Dominggo Hokeng

o   Topik tentang pelayanan prima adalah topik yang diberikan untuk bank, restoran, dan perusahaan jasa lainnya, agar para pelayan dapat bekerja dengan prima dan baik. Namun baiklah kalau topik ini diberikan kepada para guru dan pegawai yang bekerja di sekolah demi meningkatkan kemampuan dan keterampilan bagi para guru dan pegawai dalam bekerja.

o   Sekolah-sekolah katolik zaman dulu memiliki jumlah murid yang banyak, dan angka selalu itu selalu meningkat. Namun zaman ini, target memiliki murid yang banyak sudah sangat sedikit. Hal ini bisa disebabkan oleh standar operasional, dan kinerja sekolah.

o   Para frater sesungguhnya tidak memiliki pedagogik yang kuat dalam mengajar. Para frater mengajar karena pernah diajarkan. Oleh karena itu, untuk menjadi seorang guru, seorang frater harus memiliki 4 kompetensi dasar; Pedagogik, Kepribadian, Sosial, Professional.

o   Sebagai seoraong guru, di mana pun berada dia harus melakukan pekerjaannya dengan baik “do the best”.  Seorang guru harus melakukan nilai yang lebih dalam pekerjaannya. Meskipun orang tidak melihat, tidak menilai tetapi kita tetap melakukan nilai lebih dari pekerjaan yang di lakukan.

o   Guru memasuki zaman 4.0. Ada 4 skil yang dibutuhkan di zaman 4.0 ini, yaitu, critical thing (berkaitan dengan zaman yang ditandai oleh penerimaan informasi tanpa seleksi, dan kritis). Oleh sebab itu, guru dituntut untuk berpikir kritis. komunikasi (komunikasi yang tidak bagus akan sangat memengaruhi bahasa yang baik. Biasanya dipengaruhi oleh dialog budaya), Kolaborasi (perusahaan apapun tidak akan pernah berdiri sendiri. Perusahaan tidak akan berhasil tanpa ada kolaborasi dengan perusahaan lain, seperti perusahaan facebook berkolaborasi dengan IG.), kreatif thinking, (imajinasi lebih tinggi dari ilmu pengetahuan) Sebuah penemuan baru berasal dari imajinasi. 

o   Value dasar pelayanan prima: Grow together as a team (kerja sama team), Love & respect to others (cinta dan peduli), honesty & open communication (jujur dan terbuka), We are here to help others (saling menolong)

o   Konsep/tujuan dasar pelayanan Prima: Customer Puas, customer Kembali berbisnis, customer menceritakan kepada relasi lain, penjualan meningkat.

o   4 Dasar kebutuhan utama customer: 1) kebutuhan untuk diterima. 2) kebutuhan untuk dimengerti. 3) kebutuhan untuk merasa dirinya penting. 4) kebutuhan untuk merasa dirinya nyaman).

o   Setiap orang yang kita layani adalah customer kita sendiri. Kita berusaha membuat cutomer kita merasa diterima, dimengerti, penting dan merasa nyaman.

o   Penampilan Profesional. 1) Kenapa penting berpenampilan professional? penampilan yang baik, membuat audience merasa dihargai. 2) Jelaskan standar dan prosedur professional bagi karyawan pria dan wanita? Tahu menempatkan diri dengan siapa kita bertemu, dan bagaimana situasinya.     

o   Penampilan professional: Rambut, wajah, kebersihan badan dan aroma tubuh, tata rias (Wanita), busana (pria), Sepatu dan kaos kaki, aksesoris dan perlengkapan, tangan dan kuku.

  Break: 10:00-10:30

  SESI II

  Waktu: 10:30-selesai

o   Komunikasi asertif: suatu ungkapan yang tidak langsung menyalahkan orang lain. Tetapi menyampaikan perasaan pribadi atas kesalahan orang lain.

o   Pentingnya mengubah komunikasi, pola pikir dalam relasi kita setiap hari. Penting juga mengubah komunikasi, mindset kita dalam mencapai tujuan dan cita-cita kita.  

o   Budaya kita tidak suka memuji orang lain, tetapi suka mencela orang lain karena kita tidak pernah mendapat pujian dari orang lain.  Hal ini sangat memengaruhi relasi kita dalam berbagai aspek.

o   Bahasa tubuh menjadi unsur penting dalam berkomunikasi. Bahasa tubuh menunjukkan isyarat dan sikap kita kepada orang lain (bahasa tubuh yang positif)

o   Ramah tamah dan permintaan bantuan adalah sikap yang baik dalam membangun suatu komunikasi dan meningkatkan profesionalitas kerja.

o   Berpikir kreatif dan inovatif.

o   Sikap proaktif: Dalam menghadapi suatu masalah, apakah anda bersikap positif atau negatif? Apakah anda selalu antusias, penuh perhatian  untuk menghadapi masalah? Sejauh mana anda dapat dipercaya untuk menempati janji anda?

o   Bersikap empati. Mampu menujukkan sikap empati dalam membangun komunikasi agar setiap orang merasa di dengarkan dan diterima dan dihargai.

Pemateri: Pak Kamil Inglan

Pelayanan Prima Seminari San Dominggo Hokeng


§                                                                              Hari/tanggal: Jumad, 12 Agustus 2022

             Kegiatan dimulai dengan doa dan animasi.

     §  Sambutan dari romo kepala sekolah (Rm. Alfons):

·         Ucapan syukur dan terima kasih kepada pak Kamil yang telah hadir di seminari untuk memberikan banyak inspirasi dan pembelajaran bagi para guru dan pegawai.

a)      Penjelasan Topik “Pelayanan Prima Seminari San Dominggo Hokeng

o   Topik tentang pelayanan prima adalah topik yang diberikan untuk bank, restoran, dan perusahaan jasa lainnya, agar para pelayan dapat bekerja dengan prima dan baik. Namun baiklah kalau topik ini diberikan kepada para guru dan pegawai yang bekerja di sekolah demi meningkatkan kemampuan dan keterampilan bagi para guru dan pegawai dalam bekerja.

o   Sekolah-sekolah katolik zaman dulu memiliki jumlah murid yang banyak, dan angka selalu itu selalu meningkat. Namun zaman ini, target memiliki murid yang banyak sudah sangat sedikit. Hal ini bisa disebabkan oleh standar operasional, dan kinerja sekolah.

o   Para frater sesungguhnya tidak memiliki pedagogik yang kuat dalam mengajar. Para frater mengajar karena pernah diajarkan. Oleh karena itu, untuk menjadi seorang guru, seorang frater harus memiliki 4 kompetensi dasar; Pedagogik, Kepribadian, Sosial, Professional.

o   Sebagai seoraong guru, di mana pun berada dia harus melakukan pekerjaannya dengan baik “do the best”.  Seorang guru harus melakukan nilai yang lebih dalam pekerjaannya. Meskipun orang tidak melihat, tidak menilai tetapi kita tetap melakukan nilai lebih dari pekerjaan yang di lakukan.

o   Guru memasuki zaman 4.0. Ada 4 skil yang dibutuhkan di zaman 4.0 ini, yaitu, critical thing (berkaitan dengan zaman yang ditandai oleh penerimaan informasi tanpa seleksi, dan kritis). Oleh sebab itu, guru dituntut untuk berpikir kritis. komunikasi (komunikasi yang tidak bagus akan sangat memengaruhi bahasa yang baik. Biasanya dipengaruhi oleh dialog budaya), Kolaborasi (perusahaan apapun tidak akan pernah berdiri sendiri. Perusahaan tidak akan berhasil tanpa ada kolaborasi dengan perusahaan lain, seperti perusahaan facebook berkolaborasi dengan IG.), kreatif thinking, (imajinasi lebih tinggi dari ilmu pengetahuan) Sebuah penemuan baru berasal dari imajinasi. 

o   Value dasar pelayanan prima: Grow together as a team (kerja sama team), Love & respect to others (cinta dan peduli), honesty & open communication (jujur dan terbuka), We are here to help others (saling menolong)

o   Konsep/tujuan dasar pelayanan Prima: Customer Puas, customer Kembali berbisnis, customer menceritakan kepada relasi lain, penjualan meningkat.

o   4 Dasar kebutuhan utama customer: 1) kebutuhan untuk diterima. 2) kebutuhan untuk dimengerti. 3) kebutuhan untuk merasa dirinya penting. 4) kebutuhan untuk merasa dirinya nyaman).

o   Setiap orang yang kita layani adalah customer kita sendiri. Kita berusaha membuat cutomer kita merasa diterima, dimengerti, penting dan merasa nyaman.

o   Penampilan Profesional. 1) Kenapa penting berpenampilan professional? penampilan yang baik, membuat audience merasa dihargai. 2) Jelaskan standar dan prosedur professional bagi karyawan pria dan wanita? Tahu menempatkan diri dengan siapa kita bertemu, dan bagaimana situasinya.     

o   Penampilan professional: Rambut, wajah, kebersihan badan dan aroma tubuh, tata rias (Wanita), busana (pria), Sepatu dan kaos kaki, aksesoris dan perlengkapan, tangan dan kuku.

  Break: 10:00-10:30

  SESI II

  Waktu: 10:30-selesai

o   Komunikasi asertif: suatu ungkapan yang tidak langsung menyalahkan orang lain. Tetapi menyampaikan perasaan pribadi atas kesalahan orang lain.

o   Pentingnya mengubah komunikasi, pola pikir dalam relasi kita setiap hari. Penting juga mengubah komunikasi, mindset kita dalam mencapai tujuan dan cita-cita kita.  

o   Budaya kita tidak suka memuji orang lain, tetapi suka mencela orang lain karena kita tidak pernah mendapat pujian dari orang lain.  Hal ini sangat memengaruhi relasi kita dalam berbagai aspek.

o   Bahasa tubuh menjadi unsur penting dalam berkomunikasi. Bahasa tubuh menunjukkan isyarat dan sikap kita kepada orang lain (bahasa tubuh yang positif)

o   Ramah tamah dan permintaan bantuan adalah sikap yang baik dalam membangun suatu komunikasi dan meningkatkan profesionalitas kerja.

o   Berpikir kreatif dan inovatif.

o   Sikap proaktif: Dalam menghadapi suatu masalah, apakah anda bersikap positif atau negatif? Apakah anda selalu antusias, penuh perhatian  untuk menghadapi masalah? Sejauh mana anda dapat dipercaya untuk menempati janji anda?

o   Bersikap empati. Mampu menujukkan sikap empati dalam membangun komunikasi agar setiap orang merasa di dengarkan dan diterima dan dihargai.

Pemateri: Pak Kamil Inglan