https://www.seminarisdmhokeng.sch.id/beritahttps://www.seminarisdmhokeng.sch.id/berita
§ Hari/tanggal: Jumad, 12 Agustus 2022
Kegiatan dimulai
dengan doa dan animasi.
§ Sambutan dari romo
kepala sekolah (Rm. Alfons):
·
Ucapan
syukur dan terima kasih kepada pak Kamil yang telah hadir di seminari untuk
memberikan banyak inspirasi dan pembelajaran bagi para guru dan pegawai.
a)
Penjelasan
Topik “Pelayanan Prima Seminari San Dominggo Hokeng”
o
Topik
tentang pelayanan prima adalah topik yang diberikan untuk bank, restoran, dan
perusahaan jasa lainnya, agar para pelayan dapat bekerja dengan prima dan baik.
Namun baiklah kalau topik ini diberikan kepada para guru dan pegawai yang
bekerja di sekolah demi meningkatkan kemampuan dan keterampilan bagi para guru
dan pegawai dalam bekerja.
o
Sekolah-sekolah
katolik zaman dulu memiliki jumlah murid yang banyak, dan angka selalu itu
selalu meningkat. Namun zaman ini, target memiliki murid yang banyak sudah
sangat sedikit. Hal ini bisa disebabkan oleh standar operasional, dan kinerja
sekolah.
o
Para
frater sesungguhnya tidak memiliki pedagogik yang kuat dalam mengajar. Para frater
mengajar karena pernah diajarkan. Oleh karena itu, untuk menjadi seorang guru,
seorang frater harus memiliki 4 kompetensi dasar; Pedagogik, Kepribadian,
Sosial, Professional.
o
Sebagai
seoraong guru, di mana pun berada dia harus melakukan pekerjaannya dengan baik
“do the best”. Seorang guru harus
melakukan nilai yang lebih dalam pekerjaannya. Meskipun orang tidak melihat,
tidak menilai tetapi kita tetap melakukan nilai lebih dari pekerjaan yang di
lakukan.
o
Guru
memasuki zaman 4.0. Ada 4 skil yang dibutuhkan di zaman 4.0 ini, yaitu, critical
thing (berkaitan
dengan zaman yang ditandai oleh penerimaan informasi tanpa seleksi, dan kritis).
Oleh sebab itu, guru dituntut untuk berpikir kritis. komunikasi (komunikasi yang
tidak bagus akan sangat memengaruhi bahasa yang baik. Biasanya dipengaruhi oleh
dialog budaya), Kolaborasi (perusahaan apapun tidak akan pernah berdiri
sendiri. Perusahaan tidak akan berhasil tanpa ada kolaborasi dengan perusahaan
lain, seperti perusahaan facebook berkolaborasi dengan IG.), kreatif
thinking, (imajinasi lebih tinggi dari ilmu pengetahuan) Sebuah penemuan
baru berasal dari imajinasi.
o
Value
dasar pelayanan prima: Grow together as a team (kerja sama
team), Love & respect to others (cinta dan peduli), honesty
& open communication (jujur dan terbuka), We are here
to help others (saling menolong)
o
Konsep/tujuan
dasar pelayanan Prima: Customer Puas, customer Kembali berbisnis, customer
menceritakan kepada relasi lain, penjualan meningkat.
o
4
Dasar kebutuhan utama customer: 1) kebutuhan untuk diterima. 2) kebutuhan untuk
dimengerti. 3) kebutuhan untuk merasa dirinya penting. 4) kebutuhan untuk
merasa dirinya nyaman).
o
Setiap
orang yang kita layani adalah customer kita sendiri. Kita berusaha membuat
cutomer kita merasa diterima, dimengerti, penting dan merasa nyaman.
o
Penampilan
Profesional. 1) Kenapa penting berpenampilan professional? penampilan yang
baik, membuat audience merasa dihargai. 2) Jelaskan standar dan prosedur
professional bagi karyawan pria dan wanita? Tahu menempatkan diri dengan siapa
kita bertemu, dan bagaimana situasinya.
o
Penampilan
professional: Rambut, wajah, kebersihan badan dan aroma tubuh, tata rias
(Wanita), busana (pria), Sepatu dan kaos kaki, aksesoris dan perlengkapan,
tangan dan kuku.
Break: 10:00-10:30
SESI II
Waktu: 10:30-selesai
o Komunikasi asertif:
suatu ungkapan yang tidak langsung menyalahkan orang lain. Tetapi menyampaikan
perasaan pribadi atas kesalahan orang lain.
o Pentingnya mengubah komunikasi,
pola pikir dalam relasi kita setiap hari. Penting juga mengubah komunikasi, mindset
kita dalam mencapai tujuan dan cita-cita kita.
o Budaya kita tidak suka
memuji orang lain, tetapi suka mencela orang lain karena kita tidak pernah
mendapat pujian dari orang lain. Hal ini
sangat memengaruhi relasi kita dalam berbagai aspek.
o Bahasa tubuh menjadi
unsur penting dalam berkomunikasi. Bahasa tubuh menunjukkan isyarat dan sikap
kita kepada orang lain (bahasa tubuh yang positif)
o Ramah tamah dan
permintaan bantuan adalah sikap yang baik dalam membangun suatu komunikasi dan
meningkatkan profesionalitas kerja.
o Berpikir kreatif dan
inovatif.
o Sikap proaktif: Dalam
menghadapi suatu masalah, apakah anda bersikap positif atau negatif? Apakah
anda selalu antusias, penuh perhatian
untuk menghadapi masalah? Sejauh mana anda dapat dipercaya untuk
menempati janji anda?
o Bersikap empati. Mampu
menujukkan sikap empati dalam membangun komunikasi agar setiap orang merasa di
dengarkan dan diterima dan dihargai.
Pemateri: Pak Kamil Inglan
§ Hari/tanggal: Jumad, 12 Agustus 2022
Kegiatan dimulai
dengan doa dan animasi.
§ Sambutan dari romo
kepala sekolah (Rm. Alfons):
·
Ucapan
syukur dan terima kasih kepada pak Kamil yang telah hadir di seminari untuk
memberikan banyak inspirasi dan pembelajaran bagi para guru dan pegawai.
a)
Penjelasan
Topik “Pelayanan Prima Seminari San Dominggo Hokeng”
o
Topik
tentang pelayanan prima adalah topik yang diberikan untuk bank, restoran, dan
perusahaan jasa lainnya, agar para pelayan dapat bekerja dengan prima dan baik.
Namun baiklah kalau topik ini diberikan kepada para guru dan pegawai yang
bekerja di sekolah demi meningkatkan kemampuan dan keterampilan bagi para guru
dan pegawai dalam bekerja.
o
Sekolah-sekolah
katolik zaman dulu memiliki jumlah murid yang banyak, dan angka selalu itu
selalu meningkat. Namun zaman ini, target memiliki murid yang banyak sudah
sangat sedikit. Hal ini bisa disebabkan oleh standar operasional, dan kinerja
sekolah.
o
Para
frater sesungguhnya tidak memiliki pedagogik yang kuat dalam mengajar. Para frater
mengajar karena pernah diajarkan. Oleh karena itu, untuk menjadi seorang guru,
seorang frater harus memiliki 4 kompetensi dasar; Pedagogik, Kepribadian,
Sosial, Professional.
o
Sebagai
seoraong guru, di mana pun berada dia harus melakukan pekerjaannya dengan baik
“do the best”. Seorang guru harus
melakukan nilai yang lebih dalam pekerjaannya. Meskipun orang tidak melihat,
tidak menilai tetapi kita tetap melakukan nilai lebih dari pekerjaan yang di
lakukan.
o
Guru
memasuki zaman 4.0. Ada 4 skil yang dibutuhkan di zaman 4.0 ini, yaitu, critical
thing (berkaitan
dengan zaman yang ditandai oleh penerimaan informasi tanpa seleksi, dan kritis).
Oleh sebab itu, guru dituntut untuk berpikir kritis. komunikasi (komunikasi yang
tidak bagus akan sangat memengaruhi bahasa yang baik. Biasanya dipengaruhi oleh
dialog budaya), Kolaborasi (perusahaan apapun tidak akan pernah berdiri
sendiri. Perusahaan tidak akan berhasil tanpa ada kolaborasi dengan perusahaan
lain, seperti perusahaan facebook berkolaborasi dengan IG.), kreatif
thinking, (imajinasi lebih tinggi dari ilmu pengetahuan) Sebuah penemuan
baru berasal dari imajinasi.
o
Value
dasar pelayanan prima: Grow together as a team (kerja sama
team), Love & respect to others (cinta dan peduli), honesty
& open communication (jujur dan terbuka), We are here
to help others (saling menolong)
o
Konsep/tujuan
dasar pelayanan Prima: Customer Puas, customer Kembali berbisnis, customer
menceritakan kepada relasi lain, penjualan meningkat.
o
4
Dasar kebutuhan utama customer: 1) kebutuhan untuk diterima. 2) kebutuhan untuk
dimengerti. 3) kebutuhan untuk merasa dirinya penting. 4) kebutuhan untuk
merasa dirinya nyaman).
o
Setiap
orang yang kita layani adalah customer kita sendiri. Kita berusaha membuat
cutomer kita merasa diterima, dimengerti, penting dan merasa nyaman.
o
Penampilan
Profesional. 1) Kenapa penting berpenampilan professional? penampilan yang
baik, membuat audience merasa dihargai. 2) Jelaskan standar dan prosedur
professional bagi karyawan pria dan wanita? Tahu menempatkan diri dengan siapa
kita bertemu, dan bagaimana situasinya.
o
Penampilan
professional: Rambut, wajah, kebersihan badan dan aroma tubuh, tata rias
(Wanita), busana (pria), Sepatu dan kaos kaki, aksesoris dan perlengkapan,
tangan dan kuku.
Break: 10:00-10:30
SESI II
Waktu: 10:30-selesai
o Komunikasi asertif:
suatu ungkapan yang tidak langsung menyalahkan orang lain. Tetapi menyampaikan
perasaan pribadi atas kesalahan orang lain.
o Pentingnya mengubah komunikasi,
pola pikir dalam relasi kita setiap hari. Penting juga mengubah komunikasi, mindset
kita dalam mencapai tujuan dan cita-cita kita.
o Budaya kita tidak suka
memuji orang lain, tetapi suka mencela orang lain karena kita tidak pernah
mendapat pujian dari orang lain. Hal ini
sangat memengaruhi relasi kita dalam berbagai aspek.
o Bahasa tubuh menjadi
unsur penting dalam berkomunikasi. Bahasa tubuh menunjukkan isyarat dan sikap
kita kepada orang lain (bahasa tubuh yang positif)
o Ramah tamah dan
permintaan bantuan adalah sikap yang baik dalam membangun suatu komunikasi dan
meningkatkan profesionalitas kerja.
o Berpikir kreatif dan
inovatif.
o Sikap proaktif: Dalam
menghadapi suatu masalah, apakah anda bersikap positif atau negatif? Apakah
anda selalu antusias, penuh perhatian
untuk menghadapi masalah? Sejauh mana anda dapat dipercaya untuk
menempati janji anda?
o Bersikap empati. Mampu
menujukkan sikap empati dalam membangun komunikasi agar setiap orang merasa di
dengarkan dan diterima dan dihargai.
Pemateri: Pak Kamil Inglan